PENGARUH EMPLOYABILITY SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA LPP ARIYANTI

Isi Artikel Utama

IIM KHOTIMAH
Darul

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh employability skill terhadap kesiapan kerja siswa Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknis analisis data regresi linier sederhana, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di S Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti Kota Bandung yang berjumlah 100 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sampel yang didapat berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui besarnya koefisien determinasi atau pengaruh 0,437 yang berarti bahwa variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 43,7%. Dengan kata lain employability skill berpengaruh 43,7% terhadap kesiapan kerja siswa Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ariyanti Kota Bandung, sedangkan 56,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
KHOTIMAH, I., & Wiyono, D. (2022). PENGARUH EMPLOYABILITY SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA LPP ARIYANTI. Indonesian Journal of Office Administration, 4(1), 124–133. Diambil dari https://adminof.ariyanti.ac.id/index.php/adminof/article/view/53
Bagian
Artikel

Referensi

Awaludin dan Munadi. (2018). judulPengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar dasar kejuruan dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Emilyarwinri. (2018). Kontribusi Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa pada Dunia Industri Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Bengkulu. Jurnal Cived. 5, 2071-2072.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hartono. (2010). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing

Kadir. (2018). Statistika Terapan (Konsep, contoh, dan analisis data dengan program SPSS/Liserel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusaeri dan Supranato. (2012). Pengukuran dan Penilaian pendidikan Pengukuran dan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahaputra, B., Riantoputra, C.D.S., dan Respati. (2013). judulPeran Employability dalam hubungan Job Insecurity dan Kepuasan Kerja. Skripsi. Universitas Indonesia.

Mahyuddin. (2018). Implementasi Nilai Employability Skills dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Takalar. Thesis. Universitas Negeri Makasar.

Munandi, Sudji. (2018). Employability Skills Lulusan SMK dan Relevansinya terhadap Kebutuhan Dunia Kerja. Yogyakarta: UNY Press.

Pratama, A.I., Wardaya dan Komaro, M. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa terhadap Prakerin dikaitkan dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Putriatama, Ega. (2016). Kontribusi Pengalaman Prakerin, Wawasan Dunia Kerja dan Kompetensi Kejuruan melalui Employability Skill serta Dampaknya Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Probolinggo. Jurnal Pendidikan, 1(8).

Siregar, Sofiyan. (2013). Statistik Parametrik. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Yuniati. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Interpersonal, Komptensi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK PGRI 01 Semarang dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi dan Hasanudin. (2019). judulPengembangan Employability Skill Mahasiswa Vokasi Melalui Pembelajaran STEM Project Based Learning. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Sunarni. (2016). Pengembangan Employability Skilss Siswa SMK ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan. 1(7).

Susanti, Aria, Indah. (2015). Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kualitas Guru, Kesesuaian, dan Hasil Prakerin terhadap Employability Skills Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 38(2).

Winkel dan Sri Hastuti. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Yuniarti, Sri. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Interpersonal, Kompetensi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK PGRI 01 Semarang dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama