STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY NINJA XPRESS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI CAMPAIGN “SIAP BANTU IBU”

Isi Artikel Utama

Nur Aini Parwitasari
Tatiek Ekawati Permana

Abstrak

Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) memegang peran penting untuk pertumbuhan perekonomian nasional. Merujuk pada data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, jumlah UKM mencapai 64,2 juta dan sebanyak 37 juta UKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Adanya pandemi COVID-19, menyebabkan 87% perempuan pemilik UKM mengalami kerugian. Ninja Xpress melihat hal tersebut dan meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR), bertajuk Siap Bantu Ibu. Melalui program ini, Ninja Xpress memfasilitasi perempuan dan para ibu dengan berbagai kelas bisnis yang bertemakan Belajar Bisnis Agar Ibu Hebat Cari Cuan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi corporate social responsibility Ninja Xpress dalam membangun citra positif melalui campaign “siap bantu ibu”. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi corporate social responsibility Ninja Xpress dalam membangun citra positif melalui campaign “siap bantu ibu” yang digunakan program kegiatan CSR diantaranya Cause Promotions dan Corporate Societal Marketing dengan menggunakan motif CSR profit dan people.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Parwitasari, N. A., & Ekawati Permana, T. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY NINJA XPRESS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI CAMPAIGN “SIAP BANTU IBU”. Indonesian Journal of Office Administration, 3(2), 37–45. Diambil dari https://adminof.ariyanti.ac.id/index.php/adminof/article/view/18
Bagian
Artikel

Referensi

Brilliant, Eleanor L. dan Kimberlee A. Rice .1988. “Influencing Corporate Philantropy” dalam Gary M. Gould dan Michael L. Smith (eds), Social Work in the Workplace, New York: Springer Publishing Co, halaman 299-313

Burke, Edmund M.1988.“Corporate Community Relations” dalam Gary M. Gould dan Michael L. Smith (eds), Social Work in the Workplace, New York: Springer Publishing Co, halaman 314-327

Chattananon, A., M.Lawley, J.Trimetsoontorn, N.Supparerkchaisakul, dan Leelayouthayothin, L. 2007. Building Corporate Image Through Societal Marketing Programs. Society and Business Review. 2 (3): 230-253.

Kotler, P & Lee, N. 2005. Corporate Social Responsibility : Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey.

Navickas, V., &Kontautiene, R. 2011. Influence of Corporate Philanthropy on Economic

Performance. Verslas: teorijairpraktika – Business: Theory and Practice.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta : Salemba Empat.

Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Rafilka Aditama