Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Grand Asrilia Di Bandung

Isi Artikel Utama

Gatot Dwiyono

Abstrak

Perkembangan bisnis saat ini dipengaruhi pola pikir pelanggan yang
dinamis. Penelitian ini meneliti mengenai kualitas pelayanan yang terdiri
atas lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan
empati dan kepuasan pelanggan pada Hotel Grand Asrilia di Bandung.
Berdasarkan metode penentuan sampel maka sampel yang digunakan 105
responden. Dari hasil analisis ang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan yang terdiri atas lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, daya
tanggap, jaminan, dan empati secara simultan berpengaruh signifikan pada
kepuasan pelanggan Hotel Grand Asrilia di Bandung dan kualitas pelayanan
yang terdiri atas lima dimensi tersebut secara parsial berpengaruh signifikan
pada kepuasan pelanggan Hotel Grand Asrilia di Bandung

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dwiyono, G. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Grand Asrilia Di Bandung. Indonesian Journal of Office Administration, 2(1), 13–19. Diambil dari https://adminof.ariyanti.ac.id/index.php/adminof/article/view/35
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Atika Paramitha, Rahyuda, Suasana. 2013. Pengaruh Kualitas La yanan Terhadap

Kepuasan dan Lo yalitas Pelanggan Garuda Indobesia di Bandung. Jurnal

Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 7 (1): pp: 19-28.

Hanan, Mack & Karp, Peter (1991) Customer Satisfaction: How to Maximize,

Measure and Market your company’s Ultimate Product. New York: American

Management Association.

Hidayati, Erna yati. 2010. Analisi Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Lo

yalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, (2) 2: pp: 81-90.

Husnul, Khatimah. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Nasabah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan (2): pp: 2-25.

Novita, Indri dan Nurcahya.2011. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa

Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Center Bandung. Jurnal Manajemen.

(4), hal 45-56.