Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti Bandung -
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perguruan Tinggi memegang peranan penting dalam mencetak sumber daya manusia berkualitas di Indonesia. Penerapan manajemen pemasaran profesional juga menjadi penting pada lembaga Perguruan Tinggi. Diantara aspek penting manajemen pemasaran adalah proses pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan mahasiswa yang puas kuliah di suatu Perguruan Tinggi. Penelitian ini mengkaji kepuasan mahasiswa kuliah di ASM Ariyanti yang ditelusuri dari pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 187 mahasiswa ditarik dengan rumus Slovin dari 350 populasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa kuliah di ASM Ariyanti. Secara simultan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa kuliah di ASM Ariyanti.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineva Cipta.
Aryani, Dwi & Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Jakarta.
Dybyantoro & Nani Cesimariani. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan CV. Haspari. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Palembang.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Semarang.
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P. dan G. Amstrong. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. Ed. 9. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Maholtra, Naresh K dkk. 2004. Marketing Research: An Applied Orientation, New South Wales: Prentice.
Morgan, Robert M & Hunt, Shelby D. 1994. The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing.
Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta: Erlangga.
Parasuraman, A. 1997. Reflections on Gaining Competitive Advantage Through Customer Value. Journal of The Academy of Marketing Science, vol.25.
Parasuraman, A, V.A. Zeithami and L.L. Berry.1988. A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Cetakan Ketujuh. Bandung: Alfabeta.
Sekaran, Uma. 2006. Research Method for Business. Jakarta: Salemba Empat.
Swasta, Basu dan Tani, Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Swasta, Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Lyberty.
Supianto J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Bisnis. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. Chandra, Yanto. Diana, Anastasia. 2004. Marketing Scales Yogyakarta: Andi.